Friday, September 7, 2012

kajian pemrograman bahsa rakitan


hasil latihan pemrograman bahasa rakitan yg dishare kan oleh pak nahar di blognya "http:/madziyant.wordpres.com_
Pemrograman Bahasa Rakitan alias Assembly Language #2
"



sementara untuk hasil dari kajian
Pemrograman Bahasa Rakitan alias Assembly Language #1

Seperti yg kita telah ketahui bersama bahwa komponen sistem komputer pada dasarnya terdiri dari tiga bagian penting yang saling bekerjasama.
yaitu : 
  1. Hardware 
Pengertian dari hardware “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set (software).
  1. Software                                                                                                                                Software adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem baik berupa input data, prosesing data ataupun output data. yg menjembatani antara brainware dan hardware.
  2. Brainware                                                                                                                                 Brainware adalah orang yang menggunakan atau mengoprasikan komputer. Contoh dari Brainware adalah Programmer, Netter (sebutan bagi orang yang sedang melakukan surfing di Internet), dan orang-orang yang sedang menggunakan komputer
nah yag akan kita bahas adalah software yang menjembatani antara hardware dan brainware. kalo dipikir bagaimana manusia bisa menggunakan hardware, padahal kita tahu lo hardware adalah mesin. nah disni ada beberapa tingkatan yang saya baca di blog http://mardziyant.wordpress.com/2012/09/06/pemrograman-bahasa-rakitan-alias-assembly-language-1/ yang mana disebutkkan bahwa bahasa pemrograman ada 3 tingkatan yaitu 
1. Bahasa Tingkat Tinggi (Ex. Delphi, VB, PHP)
2. Bahasa Tingkat Menengah (Ex. C/C++)
3. Bahasa Tingkat Rendah (Rakitan/Assembly)

adapun beberapa kelebihan dari bahasa rakitan ( asembly lenguage) adalah sebagai berikut:
1. Ukuran program lebih kecil, sehingga bisa ngirit media penyimpanan
2. Lebih dekat dengan hardware, sehingga kita bisa benar-benar memanfaatkan seluruh kemampuan komputer
3. Bisa dibuat modular alias terpisah-pisah
4. Memiliki fasilitas makro
Selain kelebihan-kelebihan diatas, Bahasa Rakitan dapat diterapkan tidak hanya pada Personal Computer saja melainkan bisa kita gunakan sebagai program dari mikrokontroler.
demikian kajian yang saya lakukan dari blog  http://mardziyant.wordpress.com/2012/09/06/pemrograman-bahasa-rakitan-alias-assembly-language-1/. semoga bermanfaat. ^_^

No comments:

Post a Comment